Belajar Manajemen: Formalitas vs Pengetahuan


Sejak tahun lalu saya mengasuh kelas manajemen secara daring. Awalnya lewat Zoom, kemudian beralih ke WAG. 2 platform ini punya kelebihan dan kekurangan. Zoom lebih interaktif, karena ada audio dan visual, dan saya bersama peserta hadir bersama secara virtual, seperti orang belajar pada umumnya. Kelemahannya, sering jadwalnya tidak cocok. Ditambah, Zoom memerlukan kuota internet yang tidak kecil. Akhirnya saya pilih untuk melayani lewat WAG. Materi disampaikan dalam bentuk slide, dengan penjelasan rekaman suara. Secara jadwal lebih fleksibel. Peserta bisa menyimak materi kapan saja. Tanya jawab pun bisa fleksibel waktunya.
Kenapa perlu belajar manajemen? Banyak orang masuk kerja tanpa tahu bagaimana prinsip-prinsip dasar yang berlaku di tempat kerja. Prinsip-prinsip itulah yang disebut manajemen. Apa tugas Anda? Kenapa Anda mengerjakan sesuatu? Apakah sekadar karena diperintah? Kalau itu posisi Anda, sayang sekali. Anda hanya seorang pesuruh.
Anda bekerja sebagai bagian dari sebuah sistem manajemen. Tugas yang Anda jalankan bukan kehendak pribadi Anda, bukan pula kehendak atasan Anda. Anda bekerja untuk mencapai tujuan organisasi. Ini hal dasar yang harus dipahami. Pemahaman soal ini akan membedakan Anda dari seorang pesuruh.
Dengan memahami prinsip itu, Anda tahu apa yang harus Anda lakukan. Anda berpikir bagaimana melakukannya, menyelesaikannya, dan mengantarkan hasilnya kepada pihak yang membutuhkan dalam sistem manajemen tadi. Artinya, Anda seharusnya bisa bekerja tanpa diperintah. Anda bisa mengembangkan inisiatif.
Sebaliknya, Anda juga tahu apa yang tidak boleh dan tidak perlu Anda lakukan. Anda bisa membedakan perintah yang perlu dituruti dan yang bukan. Basisnya adalah tujuan organisasi tadi.
Pekerjaan yang Anda lakukan bukan sekadar tugas yang dilakukan dengan mendapat imbalan upah atau gaji. Itu adalah medan tempat Anda mempraktikkan pengetahuan dan keterampilan. Tempat Anda mengasah diri. Dari praktik itu Anda berkembang jadi orang yang lebih mahir. Karena itu, sekali lagi, Anda bukan sekadar pesuruh yang melaksanakan perintah.
Ada banyak lagi hal yang akan mengubah cara Anda bekerja, dan sikap Anda bekerja kalau Anda paham manajemen. Sebenarnya manajemen bisa dipelajari sambil bekerja. Dari mekanisme yang Anda ikuti, Anda bisa mendapat banyak pengetahuan. Masalahnya, banyak orang yang tidak sanggup merekam fakta-fakta lalu mengolahnya jadi pengetahuan. Sebaliknya, banyak juga tempat kerja yang tidak berjalan dengan prinsip manajemen. Akibatnya, yang direkam dari fakta-fakta tadi tidak bisa jadi pengetahuan yang benar. Karena itu belajar manajemen jadi penting. Anda harus belajar.
Bagaimana cara belajarnya? Anda bisa baca buku sendiri. Atau belajar pada orang lain, melalui kursus, misalnya.
Kelas manajemen yang saya tawarkan adalah kelas informal. Bahannya saya ambil dari buku, jadi tidak saya karang sendiri. Materi buku itu saya ramu menjadi penjelasan yang gampang dipahami. Ditambah, saya sediakan waktu tanya jawab, yang memberi Anda jawaban atas soal-soal praktis di tempat kerja.
Dari sejumlah kelas yang saya asuh, ada begitu banyak pertanyaan yang diajukan peserta, yang menggambarkan betapa banyak hal mendasar yang ternyata tidak dipahami banyak orang di tempat kerja.
Apakah belajar seperti itu efektif? Menurut para peserta, iya. Setidaknya mereka jadi punya peta yang lebih jelas soal apa yang mereka hadapi di tempat kerja.
Tapi ingat, ini bukan pelatihan bersertifikat. Kalau pun saya terbitkan sertifikat, tidak akan ada artinya. Ini hanya tempat belajar secara santai, melalui obrolan ringan. Fokusnya adalah memberi Anda pengetahuan, bukan formalitas administrasi.

0 $type={blogger}:

إرسال تعليق

Copyright © Suara kasawan Kehijauan Piyaiyita | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top