LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)  KEGIATAN MAKRAB  GABUNGAN IKATAN PELAJAR DAN MAHASISWA MIMIKA DAN IKATAN   PELAJAR DAN MAHASISWA PUNCAK PAPUA KOTA STUDI SURABAYA
TAHUN ANGKATAN 2019/2020

 

KATA PENGANTAR

            Puji dan Syukur kami panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat sehingga kami dapat melaksanakan program kegiatan penerimaan mahasiswa baru (MAKRAB) dari kedua organisasi, Ikatan Pelajar Mahasiswa Mimika (IPMAMI)  dan  Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Papua  (IPMAP)  Kota Studi Surabaya Tahun Angkatan 2019/2020. Laporan pertanggung jawaban ini kami buat untuk  memberi penjelasan kepada seluruh anggota dan Badan Pengurus Harian (BPH)  IPMAMI dan IPMAP tentang penggunaan dana dari awal pelaksanaan kegiatan sampai akhir kegiatan MAKRAB yang telah kami laksanakan.

            Kami juga sangat berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah ikut membantu menyukseskan pelaksanaan program kegiatan ini. Laporan pertanggung jawaban ini kami buat dengan sebenar-benarnya sesuai dengan pelaksanaan dan keadaan di lokasi kegiatan berlangsung.

BAB I : PENDAHULUAN

A. Latar Belakang 

            Organisasi Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Mimika (IPMAMI) dan Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Papua (IPMAP) Kota Studi Surabaya  merupakan suatu wadah bagi seluruh pelajar dan mahasiswa Mimika dan seluruh pelajar dan mahasiswa Puncak Papua untuk belajar  berorganisasi dan menampung seluruh daya kreatifitas pelajar dan mahasiswa/i dan untuk dapat menabur dengan masyarakat Papua setelah menyelesaikan Pendidikan di kota studi Surabaya sekaligus sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa Papua yang handal dan profesional.

            Sebagaimana biasanya dalam suatu organisasi itu ada program kerja dan ada pula laporan pertanggung Jawaban yang menjadi tolak ukur bagi pengurus dalam mengembang tugas pada organisasi tersebut. 

                        Dengan latar belakang masalah tersebut, laporan pertanggung jawaban kami ini di buat karena masa jabatan kami selaku Panitia Pelaksana Makrab Gabungan IPMAMI dan IPMAP Papua  Kota Studi Surabaya yang  telah selesai  melaksanakan program kerja dari kedua organisasi yang kami kerjakan selama tiga minggu lebih. Dan sekarang kami akan mengakhiri masa kerja Panitia Pelaksana Makrab Gabungan IPMAMI dan IPMAP Papua Angkatan 2019/2020 Kota Studi Surabaya. Laporan pertanggung jawaban ini sebagai evaluasi dari program kerja IPMAMI dan IPMAP Papua yang telah kami laksanakan selama ini mudah-mudahan menjadi bahan pertimbangan bagi pengurus panpel Makrab yang akan datang.

 

B. TUJUAN 

            Laporan penanggung jawaban  kegiatan ini kami buat dengan tujuan agar seluruh anggota IPMAMI dan IPMAP Papua Kota Studi Surabaya dapat mengetahui, mengevaluasi, dan menilai penggunaan dana selama kegiatan Makrab dari awal pembentukan panitia, Senin  27 Juli 2020  sampai dengan akhir pembubaran panitia, Sabtu  22 Agustus 2020.

BAB II: PELAKSANAAN KEGIATAN

A. MEKANISME DAN REALISASI KEGIATAN 

No Waktu (WIB) Hari/ tanggal       Tempat Uraian Kegiatan 

1.     O7:00 – 07:30 Kamis, 13 / 07/202     Kontrakan IPMAMI              Persiapan keberangkatan 

2.     07:30 – 08 :3 Makan Bersama 

3.     08:30 – 11 :00 Berangkat menuju 

4.     Villa Wahyu Pacet 11:00 – 12 : 30            

a.     -        

b.     -               Regitrasi 

5.     Check-in

6.     Pembagian kamar 

7.     12:30 – 19:00            

8.     Istirahat, mandi dan persiapan ibadah

Sambutan ketua panitia 

          Sambutan BPH IPMAMI 

          Sambutan BPH IPMAP 

          Sambutan senioritas IPMAMI 

          Sambutan senioritas IPMAP 

          Pembacaan tata tertip 

          Perkenalan 

          Pembagian kelompok 

19: 00 – 19 :50                         -                        -         Makan malam 

19: 50 – 20:20               -                        -                  Materi I 

            (sejarah IPMAMI)

20:20 – 20:40                -                        -                  Diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi kelompok (yel-yel) 

 

 

20:40 – 21 :25  

 

             -                

 

              -                   Meteri II

 ( budaya dan etika berorganisasi

          Diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi kelompok (yel-yel)

 

 

 

 

21: 25 – 22 :00           

               -                  Materi III ( penting peran mahasiswa Papau dalam perjuangna bangsa )

          Diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi kelompok (yel-yel)

22:00 – 22:30                                        -       Istirahat    

                                             

Waktu (WIB)  Hari/tanggal    Tempat            Uraian kegiatan 

04:00 – 06:00 

Jumat,14/07/2020       Villa Wahyu, Pacet Mojokerto           Olah raga (senam pagi)

06:00- 06:30           -                 -         Mandi pagi 

06:30 – 07:00          -                  -        Ibadah pagi 

07:00 – 08:00           -                 -        Sarapan 

08:00 – 10 :45  

          Materi IV 

( sejarah IPMAP)

          Diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi kelompok (yel-yel)

10:45 – 12:00    

Materi V (penyesuaian sosial)

          Diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi kelompok (yel-yel)

12:00 – 12:40               -                          -       Makan siang 

12:40 – 14:00               -                          -       Istirahat (tidur siang)

 14:00 – 14:45            -                      Materi VI  

(sejarah IPMAPA)

          Diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi kelompok (yel-yel)

14:45 – 15:20 

          Materi VII

          (Kesehatan jasmani )

          Diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi kelompok (yel-yel)   

15:20 – 16:05   

          Materi VIII

          (cara berorganisasi di lingkungan kampus )

16:05 - 16:25             -                           -        MCK

16:25 – 16:40             -                           -       Snack 

16:40 – 20:00               -                           -      Peresentasi hasil pembahasan 

20:00 – 03:00              -                            -      Makan mlam dan istirahat 

Waktu (WIB)  hari/tanggal     Tempat            uraian kegiatan 

02:30 – 09:00  Sabtu, 15/07/2020       Villa Wahyu Pacet Mojokerto            Ourbond(permainan di luar ruangan)

09:00 – 10:00              -                       -           MCK

10:00 – 12:30               -                      -           Makan siang 

12:30- 13:00      

  -         Bakti sosial (bersih- bersi tempat kegiatan)

13:00 -13:30                -                       -           Penerimaan MABA sebagai anggota resmi IPMAMI dan IPMAP

13:30 – 14:00                -                     -           Penyerahan sertifikat 

14:00 – 14:30                -                      -          Kesan dan pesan 

14:30 - 15:00                -                      -          Doa penutup

15:00 -sampai selesai                          Meninggalkan tempat kegiatan dan menuju ke Surabaya 

 

2. PESERTA MAKRAB GABUNGAN IPMAMI & IPMAP

No.      Nama   Tahun angktan            Keterangan 

1.     Ardelina Kulla            2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

2.     Ardi Faustian Maita    2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

3.     Alen Kum       2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

4.     Aligonda A Katagame            2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

5.     Anderson Natkime      2020 / 2021     Mahasiswa Baru  

6.     Apeana Kum   2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

7.     Anastasia D Enakaropowan   2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

8.     Berku Murib   2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

9.     Derlince Imingkawak 2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

10.  Dirume Kum   2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

11.  Esti Nirigi       2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

12.  Emogenenda M A Migau       2020 / 2021     Mahasiswa Baru  

13.  Gabriella S Poana       2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

14.  Gumankup Kulua        2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

15.  Hubertus Pogolamung 2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

16.  Irjavan Wenda            2018 / 2019     Mahasiswa Baru  

17.  Jhon G Madai 2018 / 2019     Mahasiswa Baru  

18.  Jon Valentinus Kobogau         2018 / 2019     Mahasiswa Baru  

19.  Karisto C Kelanangame         2018 / 2019     Mahasiswa Baru  

20.  Kayus Uriapuka          2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

21.  Marlin Omabak           2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

22.  Mininus Murib            2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

23.  Merry C Katagame     2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

24.  Novita Mbisikmbo      2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

25.  Pinus Omabak             2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

26.  Priskila Itlay   2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

27.  Rudi Kum       2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

28.  Stephanus Robertho L Kamo 2018 / 2019     Mahasiswa Baru  

29.  Salomina Epere          2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

30.  Sila Tabuni     2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

31.  Victor Marcelino Mameyau   2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

32.  Valerius Amtatoa        2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

33.  Wilhelmina Febrina Tsolme   2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

34.  Yomisena Matuan       2019 / 2020     Mahasiswa Baru  

                                   

                                 

3. PESERTA ANGGOTA TETAP IPMAMI & IPMAP

No.      Nama   Angkatan         Keterangan 

1.         Brian Lewuol 12/13   Anggota tetap 

2.         Bernadetha Saklil       18/19   Anggota tetap 

3.         Despinus Wakerkwa   13/14   Anggota tetap 

4.         Dance Yumai 18/19   Anggota tetap 

5.         Daniel Gobay  16/17   Anggota tetap 

6.         Deminus Teus Wenda             18/19   Anggota tetap 

7.         Ester Oniyoma            17/18   Anggota tetap 

8.         Ferry Romsal Wonda 14/15   Anggota tetap 

9.         Itinus Waker  S.Kom  16/17   Anggota tetap 

10.       Itenus Murib   16/17   Anggota tetap 

11.       Irian Evene Murib       18/19   Anggota tetap 

12.       Jodim Kum     15/16   Anggota tetap 

13.       Hans Tabuni   16/17   Anggota tetap 

14.       Kelanus Kulua            16/17   Anggota tetap 

15.       Mina Merry Wanimbo            18/19   Anggota tetap 

16.       Meklin Degey 18/19   Anggota tetap 

17.       Natalis Epere  18/19   Anggota tetap 

18.       Ominika Kadepa         16/17   Anggota tetap 

19.       Oktovina Migau          18/19   Anggota tetap 

20.       Onis Wenda    16/17   Anggota tetap 

21.       Patrianus Tsolme S.T 14/15   Anggota tetap 

22.       Paskalis Kaumapokeyau         18/19   Anggota tetap 

23.       Reghy Sani     12/13   Anggota tetap 

24.       Rocky Rony Anggaibak         18/19   Anggota tetap 

25.       Sam Kayame   16/17   Anggota tetap 

26.       Stevanus Ukago          16/17   Anggota tetap 

27.       Wirobrordus Etapoka S.Psi     12/13   Anggota tetap 

28.       Herdi Alom     12/13   Anggota tetap 

29.       Yerry Kulua    16/17   Anggota tetap 

                                   

                                   

 

4. MATERI DAN NARASUMBER 

No.      Narasumber & Moderator Materi 

1.     MATERI Ke I : SEJARAH IPMAMI

PEMATERI : Patrianus Tsolme S.T

MODERATOER : Daniel Gobay

           

2.     Materi Ke II Budaya Dan Etika Berorganisasai 

PEMATERI: Herdi Alom

MODERATOR: Kris Uwamang

           

3.     Materi Ke III: Pentingnya  Peran Mahasiswa Papua Dalam Perjuangan Bangsa

PEMATERI Alin Tekege

           

4.     Materi Ke IV : Sejarah Ipmap Puncak Papua 

PEMATERI:  Kelanus Kulua 

MODERATOR: Yerry Kulua

           

5.     Materi Ke V: Penyesuaian Lingkugan Sosial

PEMATERI: Wirobrordus Etapoka S.Psi

MODERATOR: Irian Evene Murib  

 

6.     Materi VI: Sejarah IPMAPA

PEMATERI: Ferry Romsal Wonda 

MODERATOR: Yerry Kogoya

           

7.     Materi keVII: Kesehatan Jasmani
PEMATERI: Ominika Kadepa 

MODERATOR: Ester Oniyoma

 

8.     Msteri ke VIII: Cara berorganisasi di lingkungan kampus 

PEMATERI: Despinus Wakerkwa S.T

MODERATOR :Miron Enumbi        

B. RENCANA ANGGARAN BIAYA

1. Pemasukan 

A. IURAN WAJIB (ANGGOTA TETAP)

No. Nama Rp: Keterangan 

1.     Brian Lewuol           -     -

2.     Bernadetha Saklil       Rp:200.000,-   Lunas 

3.     Despinus Wakerkwa   Rp:200.000,-   Lunas 

4.     Dance Yumai Rp:200.000,-   Lunas 

5.     Daniel Gobay  Rp:200.000,-   Lunas 

6.     Deminus Teus Wenda             Rp:200.000,-   Lunas 

7.     Esterina Oniyoma       Rp:200.000,-   Lunas 

8.     Ferry Romsal Wonda Rp:200.000,-   Lunas 

9.     Itinus Waker  S.Kom  Rp:200.000,-   Lunas 

10.  Itenus Murib   Rp:200.000,-   Lunas 

11.  Irian Evene Murib       Rp:100.000,-   Cicil 

12.  Jodim Kum     Rp:200.000,-   Lunas 

13.  Hans Tabuni   Rp:100.000,-   Cicil 

14.  Kelanus Kulua            Rp:200.000,-   Lunas 

15.  Mina Merry Wanimbo            Rp:200.000,-   Lunas 

16.  Meklin Degey Rp:200.000,-   Lunas 

17.  Natalis Epere  Rp:200.000,-   Lunas 

18.  Ominika Kadepa         Rp:200.000,-   Lunas 

19.  Oktovina Migau          Rp:200.000,-   Lunas 

20.  Onis Wenda    Rp:100.000,-   Cicil 

21.  Patrianus Tsolme S.T Rp:200.000,-   Lunas 

22.  Paskalis Kaumapokeyau         Rp:200.000,-   Lunas 

23.  Rocky Rony Anggaibak         Rp:150.000,-   Cicil 

24.  Sam Kayame   Rp:200.000,-   Lunas 

25.  Stevanus Ukago          Rp:200.000,-   Lunas 

26.  Wirobrordus Etapoka S.Psi     Rp:200.000,-   Lunas 

27.  Herdi Alom     Rp:200.000,-   Lunas 

28.  Yerry Kulua    Rp:150.000,-   Cicil 

29.  Bonggar Tabuni          Rp:200.000,-   Lunas 

30.  Total anggota tetap: 29 mahasiswa/i           Jumlah total : Rp:5.200.000,-           Terkumpul

 

                                   

 

B. IURAN WAJIB MAHASISWA BARU 

No. Nama Rp: Keterangan 

1.     Ardelina Kulla            Rp. 300.000,-  Lunas 

2.     Ardi Faustian Maita    Rp. 300.000,-  Lunas 

3.     Alen Kum       Rp. 300.000,-  Lunas 

4.     Aligonda A Katagame            Rp. 300.000,-  Lunas 

5.     Anderson Natkime      Rp. 300.000,-  Lunas 

6.     Apeana Kum   Rp. 300.000,-  Lunas 

7.     Anastasia D Enakaropowan   Rp. 300.000,-  Lunas 

8.     Berku Murib   Rp. 300.000,-  Lunas 

9.     Derlince Imingkawak Rp. 300.000,-  Lunas 

10.  Dirume Kum   Rp. 300.000,-  Lunas 

11.  Esti Nirigi       Rp. 300.000,-  Lunas 

12.  Emogenenda Maybega A Migau        Rp. 300.000,-  Lunas 

13.  Gabriella S Poana       Rp. 300.000,-  Lunas 

14.  Gumankup Kulua        Rp. 300.000,-  Lunas 

15.  Hubertus pogolamung Rp. 300.000,-  Lunas 

16.  Irjavan Wenda            Rp. 300.000,-  Lunas 

17.  Jhon G Madai Rp. 300.000,-  Lunas 

18.  Jon Valentinus Kobogau         Rp. 300.000,-  Lunas 

19.  Karisto C Kelanangame         Rp. 300.000,-  Lunas 

20.  Kayus Uriapuka          Rp. 300.000,-  Lunas 

21.  Marlin Omabak           Rp. 300.000,-  Lunas 

22.  Mininus Murib            Rp. 300.000,-  Lunas 

23.  Merry C Katagame     Rp. 300.000,-  Lunas 

24.  Novita Mbisikmbo      Rp. 300.000,-  Lunas 

25.  Pinus Omabak             Rp. 300.000,-  Lunas 

26.  Priskila Itlay   Rp. 300.000,-  Lunas 

27.  Rudi Kum       Rp. 300.000,-  Lunas 

28.  Stephanus Robertho L Kamo Rp. 300.000,-  Lunas 

29.  Salomina Epere          Rp. 300.000,-  Lunas 

30.  Sila Tabuni     Rp. 300.000,-  Lunas 

31.  Victor Marcelino Mameyau   Rp. 300.000,-  Lunas 

32.  Valerius Amtatoa        Rp. 300.000,-  Lunas 

33.  Wilhelmina Febrina Tsolme   Rp. 300.000,-  Lunas 

34.  Yomisena Matuan       Rp. 300.000,-  Lunas 

35.  Yoris Ngamelubun     Rp. 300.000,-  Lunas 

36.  Total Maba = 35 Mahasiswa/i         Total Rp: 10.500.000,-            Terkumpul 

                                   

 

C. SUMBANGAN SUKARELA ( WAA WAA WAA)

No. Hari/tanggal Sumbangan sukarela (Rp)

1.     Senin, 27 Juli 2020     Rp: 300.000,-

2.     Rabu, 29 Juli 2020      Rp: 130.000,- 

3.     Kamis, 06 Agustus 2020         Rp: 140.000,-

4.     Senin, 10 Agustus 2020          Rp: 677.000,-

5.     Rapat intern panpel     Rp:152.000,-

6.     Total Rp: 1.399.000,-

                       

 

D. JUMLAH KESELURUHAN IURAN WAJIB ANGGOTA TETAP, MABA DAN SUMBANGAN SUKARELA

No. Nama Jumlah Total (Rp)

1.     Iuran wajib anggota tetap (Mala)       Rp: 5.200.000,-

2.     Iuran wajib anggota baru (Maba)       Rp: 10.500.000,-

3.     Sumbangan sukarela (Wa Wa Wa)    Rp: 1.399.000,-

4.     Total :Rp:17.099.000,-Terbilang (Tujuh belas juta Sembilan puluh Sembilan ribu rupih)

2. Pengeluaran 

No.      Koordinator     Di alokasiakan            Pengeluaran    sisa            Keterangan 

1.     Acara   Rp:0.000,-       Rp:0.000,-       Rp:0.000,-            Penggunaan dana pada semua kebutuhan koordinator acara 

2.     Konsumsi        Rp:7.180.000,-            Rp:6.290.000,-            Rp:890.000,-   Penggunaan dana pada  semua kebutuhan koordinator konsumsi  

3.     Perlengkapan

ร˜  Villa 1

ร˜  Villa 2       Rp:500.000,-

ร˜  Rp:1.000.000,-

ร˜  Rp:3.500.000,-      Rp:500.000,-

ร˜  Rp:500.000

ร˜  Rp.3.500.000,-      Rp:0.000,-

ร˜  Rp:500.000

ร˜  Rp:0.000,- Penggunaan dana pada semua kebutuhan koordinator perlengkapan                        

4.     Tranportasi     Rp:2.400.000,-            Rp:2.400.000,-            Rp:0.000,-       Penggunaan dana pada semua kebutuhan koordinator transportasi

5.     Lapangan (Korlap)     Rp:300.000,-   Rp:187.000,-            Rp:113.000,-   Penggunaan dana pada semua kebutuhan koordinator lapangan 

6.     Humas             Rp:0.000,-       Rp:0,000,-       Rp:0,000,-            Penggunaan dana pada semua kebutuhan koordinator humas 

7.     Keamanan       Rp:300.000,-   Rp:290.000,-   Rp:10.000,-            Penggunaan dana pada semua kebutuhan koordinator keamanan 

8.     Dokumentasi   Rp:0.000,-       Rp:0.000,-       Rp:0.000,-            Penggunaan dana  semuapada kebutuhan koordinator dokumentasi

9.     Pembubaran panitia    Rp:1.619.000,-            Rp:1.478.000,-            Rp:141.000,-   Penggunaan dana pada pembubaran panitia Makrab 

10.  Kesehatan       Rp: 300.000,-  Rp:273.000,-   Rp: 27.000,-            Penggunaan dana pada semua kebutuhan koordinator Kesehatan Total Total:

ร˜  Rp.17.099.000,-    Total:

ร˜  Rp.15.418.000,-    Total :

ร˜  Rp.1.154.000,-     

Rp:1.100.000,-            Di aloksikan kepada PANPEL  Natal dan Seminar IPMAMI Se- Jawa dan Bali  Rp: 54.000,-   Makan Snack (gorengan ) 

                                                           

 

              BAB: III EVALUASI HASIL PELAKSANAAN KEGIATAN MAKRAB

a. Faktor penghambat 

1.     Sie acara:

Kurangnya komunikasi antara kedua pembawa acara pada saat kegiatan 

2.     Sie konsumsi :

Kekurangan makanan pada hari pertama kegiatan 

Kurangnya penyediaan air minum kepada pemateri 

3.     Sie keamanan :

Kurangnya pengawasan dalam ruangan ketika acara berlangsung

4.     Sie lapangan :

Kurangnya games outbond  

Pemanfaatan waktu pada saat games outbond kurang efektif.

5.     Sie : Dokumentasi 

Kurangnya pengambilan gambar pada saat momen penting seperti penyerahan sertifikat.

6.     Sie Humas :

Kurangnya pencetakkan sertifikat sehingga beberapa mahasiswa baru yang tidak di serahkan pada saat itu.

7.     Sie  Kesehatan :

Kurangnya kebutuhan obat, seperti minyak tawon dan minyak kayu putih

8.     Sie transportasi: -

9.     Faktor  pendukung 

Kerja sama yang baik antara senioritas, seluruh anggota IPMAMI dan    IPMAP  dan para simpatisan yang hadir sehingga kegiatan penerimaan mahasiswa baru (MAKRAB) dari awal sampai dengan akhir kegiatan berjalan dengan baik dan sukses.

BAB V : PENUTUP

            Kami sangat berterimakasih kepada seluruh anggota IPMAMI & IPMAP dan  para simpatisan  yang sudah berpartisipasi dan mendukung kegiatan penerimaan mahasiswa baru (MAKRAB), dan kami juga sangat  memohon maaf jika ada kekurangan pada kinerja kami  selama kegiatan berlangsung.

 

Hormat kami,

 

Ketua Pelaksana                                             Sekretaris

 

 

Deminus Teus Wenda                                    Onis Wenda

 

Mengetahui,

 

BPH IPMAMI                                                                         BPH IPMAP

 

 

Patrianus Tsolme S.T                                                 Keluanus Kulua

 

 

LAMPIRAN         

I.               Lembar pengesahan 

Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ)  Kegiatan Makrab Gabungan Ikatan Pelajar Dan Mahasiswa Mimika Dan Ikatan   Pelajar Dan Mahasiswa Puncak Papua Kota Studi Surabaya  Tahun Angkatan 2019/2020

           

Panitia pelaksana,

 

 

Ketua                                                                                     Sekretaris

 

 

Deminus Teus Wenda                                                                                   Onis Wenda

Mengetahui,

 

Badan Pengurus Harian Ikatan Pelajar Dan Mahasiswa Mimika Kota Studi Surabaya (IPMAMI SBY) Dan Badan Pengurus Harian Ikatan Pelajar Dan Mahasiswa Puncak Papua Kota Studi Surabaya   (IPMAP SBY)

 

BPH IPMAMI                                                                                               BPH IPMAP

 

 

Patrianus Tsolme S.T                                                                                    Kelanus Kulua

 

 

 

 

 

 

II.        Susunan kepanitiaan 

SUSUNAN PANITIA PELAKSANA KEGIATAN MAKRAB GABUNGAN IKATAN PELAJAR DAN MAHASISWA MIMIKA DAN IKATAN   PELAJAR DAN MAHASISWA PUNCAK PAPUA KOTA STUDI SURABAYA

TAHUN ANGKATAN 2019/2020

 

1.     Ketua   : Deminus Teus Wenda 

2.     Sekretaris        : Onis Wenda

3.     Bendahara       : Esterina  Oniyoma 

4.     Sie acara : Dance Yumai *

a.     : Oktovina Migau 

b.     : Itinus Waker S.Kom

5.     Sie perlengkapan        : Irian Evene Murib *

a.     : Wirobrordus Etapoka S.Psi

b.     : Hans Tabuni

6.     Sie keamanan : Despinus Wakerkwa S.T *

a.     : Roky Rony Anggaibak

b.     : Ominika Kadepa

c.     : Bonggar Tabuni

7.     Sie dokumentasi         : Patrianus Tsolme S.T *

a.     : Kelanus Kulua 

8.     Sie Kesehatan : Bernadheta Saklil *

9.     Sie humas        : BPH IPMAMI & BPH IPMAP *

10.  Sie konsumsi   : Mina Merry Wanimbo *

a.     : Yerry Kulua

b.     : Yodim Kulla 

11.  Sie lapangan   : Natalis Epere *

a.     : Daniel Gobay

b.     : Herdi Alom

c.     : Samson Kayame 

d.     : Itenus Murib

12.  Keterangan: (*) Bertindak sebagai coordinator

 

13.  ImageImageDokumentasi     

14.  Image

15.  ImageImage

 

 

PANITIA PELAKSANA MAKRAB GABUNGAN IKATAN PELAJAR DAN MAHASISWA MIMIKA DAN PUNCAK KOTA STUDI SURABAYA TAHUN ANGKATAN 2019/2020

Read More


 "DEGEUWODIDE_News" publikasikan melaluhi https:pugiaitaka.blogspot.com

Thema : Bersatu membentuk karakter generasi penerus IPMAMI dan IPMAP


Melalui makrab ini generasi penerus IPMAMI dan IPMAP dapat menerapkan nilai-nilai kekeluargaan.

Makrab IPMAMI DAN IPMAP dilaksanakan pada tanggal 13-15 Agustus 2020 di vila Wahyu pacet Jawa timur.

Bersatu membentuk karakter generasi penerus IPMAMI dan IPMAP yang dilakukan pertama memberika berbagai materi - materi  dan juga membagi  kelompok untuk  mempresentasikan menyampaikan pendapat"

Dan juga pada saat kegiatan berlangsung memakai satu cara tersebut yaitu metode  non tes, dalam lingkup organisasi seperti halnya Makrab. Makrab atau singkatan dari Masa Keakraban adalah suatu kegiatan yang dilakukan sebuah organisasi yang bertujuan untuk mengakrabkan tali persaudaraan antara satu sama lain dan lebih mengenal antar anggota dalam organisasi IPMAMI DAN IPMAP.

melakukan kegiatan masa keakraban ( MAKRAB) IPMAMI DAN IPMAP untuk mencoba mengerti kepribadian dari masing masing anggota. Kita bisa memanfaatkan permainan berkelompok untuk menguji kemampuan leadership setiap anggota. Selain itu permainan berkelompok juga bisa digunakan untuk menguji seberapa besar kemampuan anggota dalam bekerja sama.

Dalam kegiatan makrab IPMAMI DAN IPMAP diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung untuk bagaimana caranya agar dalam organisasi bisa lebih dekat dan lebih akrab kerja sama anggota baru yang bergabung. Kegiatan yang dilakukan yakni permainan berkelompok, sharing pendapat, makan bersama sampai tidur bersama sama dalam satu Honai adalah kebersamaan dan kerjasama untuk mejelesaikan masala" dll.

maka kita bisa melakukan hal-hal yang kita dilakukan. Namung sikap rela meluangkan waktu dan tenaga untuk kerja sama demi mensukseskan makrab, IPMAMI DAN IPMAP  dalam hal ini kita juga bisa mengetahui kebesar rasa solidaritas yang dimiliki dalam organisasi tersebut maka dari badan pengurus ikatan pelajar dan mahasiswa Kab.Mimika, ( BPH IPMAMI ) DAN ikatan pelajar dan mahasiswa kab, Puncak Papua ( BPKW IPMAP ) SERTA PANITIA PELAKSANA KEGIATAN MAKRAB ( PAMPEL ) menyampaikan ucapan terima kasih kepada teman-teman simpasitan pangujuban TOLIKARA, PUNCAK JAYA, MANTEN, IPMANAPADODEL DAN INTAN JAYA.

Selain itu juga dilakukan teknik non verbal saat sedang melakukan interaksi antar anggota, dengan cara melihat tingkah laku, yakni melalui senyuman, cara duduk, anggukan kepala, gerak-gerik lengan, mimik, kontak mata, dan lain lain.

Berbagai pengalaman lain juga dapat didapat dari adanya malam keakraban. Pengenalan lingkungan menjadi hal penting bagi mahasiswa baru. Makrab tanpa kekerasan sehinga tujuan makrab IPMAMI dan IPMAP sendiri dapat dicapai dan,

dapat digunakan sebagai bukti untuk mendiagnosis dan menilai kepribadian para anggota dalam organisasi tersebut. akan saling mengerti satu sama lain, sehingga anggota yang belum menemukan kenyamanan dan masih bersikap acuh tak acuh akan berangsur berubah karena ia telah merasa dipahami dan ia pun juga memahami apa yang harus ia lakukan dengan anggota yang lainnya.


PENRIMAHAN PELAJAR DAN MAHASISWA KAB, MIMIKA DAN PUNCAK PAPUA ( IPMAMI I & IPMAP ) KOORDINATOR WILAYAH SURABAYA PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2019-202

Read More


Oleh Degeuwodide_News
Jam alarm di meja saya menunjukkan pukul 11:05 malam.  Saya memiliki kebiasaan di mana, setiap malam sebelum tidur, saya akan membaca satu ayat dari Kitab Suci.  Biasanya, saya sudah membaca satu ayat dan akan tertidur pada saat ini, tetapi pada malam ini, saya bingung dengan sebuah ayat dalam Alkitab.
 Dikatakan dalam Wahyu 3:12: “Barangsiapa menang, aku akan membuat tiang di bait Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi: dan Aku akan menuliskan kepadanya nama Allah-Ku, dan nama kota itu.  Allahku, yang adalah Yerusalem baru, yang turun dari surga dari Allahku: dan aku akan menuliskan padanya nama baru-Ku. "  Saya sudah membaca ayat ini sebelumnya, tetapi pada malam ini, mata saya tertahan oleh kata-kata "Nama baru saya," dan ini membingungkan saya.  Saya merenung: Apakah "Nama baru saya" berarti bahwa Tuhan Yesus akan memiliki nama baru ketika Dia kembali pada hari-hari terakhir?  Dikatakan dalam Kitab Ibrani, “Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya” (Ibrani 13: 8).  Nama Tuhan Yesus tidak bisa diubah.  Jadi apa arti kata "Nama baru saya" dalam Wahyu?  Mungkinkah nama Tuhan Yesus akan berubah ketika Dia kembali pada hari-hari terakhir?
 "Centang centang centang," jarum detik pada jam weker saya bergerak memutari putaran.  Itu jauh kemudian dan saya masih belum menemukan jawabannya.  Pertanyaan ini tidak bisa dianggap enteng, karena memiliki kaitan langsung dengan masalah penting saya masuk ke kerajaan surga.  Saya harus mencari dan memahami jawabannya.  "Ya Tuhan, tolong beri penerangan dan bimbing aku ...."  Saya berdoa dalam hati tanpa bersuara dan mempercayakan pertanyaan itu kepada Tuhan.
 Ketika hari semakin gelap, saya tiba-tiba menerima telepon dari seorang teman lama, Wang Fang, yang telah memberitakan Injil di bagian lain Cina.  Dia bilang dia ingin datang untuk mengobrol.  Ketika saya menutup telepon, saya merasa sangat senang, dan saya berpikir: Saya akan bisa mencari jawaban untuk pertanyaan saya dari teman lama saya.
 Di ruang tamu saya, Wang Fang dan saya duduk di sofa dan saya mengatakan kepadanya semua tentang kebingungan di hati saya.
 Setelah mendengarkan, teman lama saya berkata kepada saya, "Hui Zhen, Anda mengatakan bahwa nama Tuhan tidak dapat berubah, jadi izinkan saya bertanya kepada Anda: Siapa nama Tuhan dalam Perjanjian Lama?"
 Tanpa ragu-ragu, saya menjawab, ”Yehuwa!”
 "Dan siapa nama Tuhan dalam Perjanjian Baru?"  tanya Wang Fang.
 "Yesus!"
 Sambil tersenyum, Wang Fang menatapku dan berkata, "Jadi, apakah nama Tuhan tidak berubah?"
 Saya bingung dengan pertanyaan Wang Fang.  Itu tidak mungkin ... bukan?  Nama Allah telah berubah dari Perjanjian Lama ke Perjanjian Baru, dan nama Yehuwa telah menjadi Yesus.  Jika itu masalahnya, maka nama Tuhan tidak selamanya tidak berubah….
 Masih tersenyum, Wang Fang berkata sambil menatapku, "Hui Zhen, aku akan membacakan beberapa bagian untukmu, dan kemudian kamu akan mengerti."  Ketika dia mengatakan ini, dia mengeluarkan ponselnya dari sakunya, menggeseknya sampai dia menemukan apa yang dia cari, dan kemudian membaca: “Tuhan semula tidak punya nama.  Dia hanya memakai satu, atau dua, atau banyak nama karena Dia memiliki pekerjaan yang harus dilakukan dan harus mengelola umat manusia ”(“ Visi Karya Tuhan (3) ”).  “Di setiap usia dan setiap tahap kerja, Nama saya tidak berdasar, tetapi memiliki makna representatif: Setiap nama mewakili satu usia.  'Yehuwa' mewakili Zaman Hukum, dan merupakan kehormatan bagi Allah yang disembah oleh orang Israel.  ‘Yesus’ mewakili Zaman Kasih Karunia, dan merupakan nama Allah semua orang yang ditebus selama Zaman Kasih Karunia. "  “'Yehuwa' adalah nama yang saya ambil selama pekerjaan-Ku di Israel, dan itu berarti Allah orang Israel (umat pilihan Allah) yang dapat mengasihani manusia, mengutuk manusia, dan membimbing kehidupan manusia.  Itu berarti Tuhan yang memiliki kekuatan besar dan penuh kebijaksanaan.  'Yesus' adalah Imanuel, dan itu berarti korban penghapus dosa yang penuh kasih, penuh belas kasih, dan menebus manusia.  Dia melakukan pekerjaan Zaman Anugerah, dan mewakili Zaman Anugerah, dan hanya dapat mewakili satu bagian dari rencana manajemen ”(“ Juruselamat Telah Kembali Setelah 'Awan Putih' ”).

 Wang Fang kemudian bersekutu, "Dari dua bagian ini, kita memahami bahwa, sebelum Tuhan mulai melakukan pekerjaan-Nya untuk menyelamatkan umat manusia, Dia tidak memiliki nama, tetapi hanya Tuhan, Pencipta.  Setelah manusia dirusak oleh Setan, Allah memulai pekerjaan-Nya untuk menyelamatkan umat manusia, dan baru pada saat itulah Ia mengambil nama.  Allah hanya mengambil nama Yehuwa ketika Ia memanggil Musa untuk memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir.  Alkitab mencatat, ‘Dan Musa berkata kepada Allah, Lihatlah, ketika Aku datang kepada orang Israel, dan akan berkata kepada mereka, Allah nenek moyangmu telah mengutus Aku kepadamu;  dan mereka akan berkata kepada saya, Siapa nama-Nya?  Apa yang harus saya katakan kepada mereka?  Dan Tuhan berkata kepada Musa, AKU ADALAH AKULAH AKU ini: dan Dia berkata, "Beginilah katamu kepada orang Israel, Akulah yang telah mengutus Aku kepadamu.  Dan Tuhan berkata lebih lagi kepada Musa, Demikianlah akan kamu katakan kepada anak-anak Israel, Yehuwa, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak, dan Allah Yakub, telah mengutus Aku kepadamu: inilah Aku  nama untuk selamanya, dan ini adalah peringatan-Ku untuk semua generasi '(Keluaran 3: 13-15).  Setelah itu, Allah menggunakan nama Yehuwa untuk memulai pekerjaan Zaman Hukum, untuk memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir dan menyeberangi Laut Merah dan untuk membimbing kehidupan mereka di padang belantara dengan pilar-pilar awan dan api.  Dia memberi mereka manna dan burung puyuh untuk makan dan menggunakan Musa untuk menyatakan hukum dan perintah-Nya di Gunung Sinai, dan Dia membimbing orang Israel pada waktu itu untuk belajar cara hidup di bumi dan cara menyembah Allah.  Mereka yang mematuhi hukum dan perintah menerima berkat dari Allah Yehuwa, dan mereka yang melanggar hukum dan perintah itu dihukum.  Nama Yehuwa adalah nama yang spesifik untuk Zaman Hukum, dan itu melambangkan sifat Allah sebagai penyayang dan juga kutuk.

 “Pada akhir Zaman Hukum, manusia semakin dirusak oleh Setan.  Tidak ada yang bisa menjaga hukum lagi, dan semua berada dalam bahaya konstan dihukum mati oleh hukum.  Namun, Allah mengampuni manusia, dan, untuk menyelamatkan umat manusia, Ia mengakhiri Zaman Hukum di mana Ia mengambil Yehuwa sebagai nama-Nya, Ia menjelma dan, dengan nama Yesus, Ia meluncurkan karya  Zaman Penebusan.  Tuhan Yesus berkhotbah ke mana pun Ia pergi, memberi tahu orang-orang bahwa kerajaan surga sudah dekat dan bahwa mereka harus bertobat.  Dia juga melakukan banyak mukjizat, menyembuhkan orang kusta, membuat orang lumpuh berjalan, orang buta melihat, dan bahkan membuat orang mati hidup kembali, dan seterusnya.  Selama orang-orang mengikuti Tuhan, menerima penebusan-Nya dan berdoa dalam nama-Nya, maka dosa-dosa mereka diampuni, dan mereka tidak akan lagi dihukum mati oleh hukum Taurat.  Di Zaman Kasih Karunia, nama Allah berubah dari Yehuwa menjadi Yesus, dan watak yang diungkapkan oleh Tuhan Yesus terutama menempatkan kebaikan dan belas kasih yang penuh kasih di garis depan.  Ini memungkinkan kita untuk melihat bahwa, setiap kali Allah melakukan tahap kerja baru dan memulai zaman baru, Dia mengubah nama-Nya dan mengadopsi nama yang memiliki makna penting untuk mewakili pekerjaan yang dilakukan-Nya di zaman itu dan untuk mengekspresikan disposisi-Nya.  di usia itu. "

 Saya mengangguk dan berkata, “Oh, jadi nama Tuhan berubah bersama dengan pekerjaan-Nya!  Satu nama hanya dapat mewakili satu usia dan satu tahap pekerjaan Tuhan.  Zaman berubah, pekerjaan Tuhan berubah, dan nama Tuhan berubah seiring dengan itu.  Yehuwa adalah nama yang khusus untuk Zaman Hukum, dan Yesus adalah nama yang Allah adopsi di Zaman Kasih Karunia ketika Ia melakukan pekerjaan penebusan-Nya.  Allah mengubah nama-Nya dari Yehuwa menjadi Yesus karena orang-orang di akhir Zaman Hukum tidak dapat lagi memelihara hukum, dan hanya ketika Allah melakukan pekerjaan-Nya untuk menebus umat manusia di Zaman Kasih Karunia, Ia mengubah nama-Nya.  Apakah saya mengerti ini benar, Wang Fang? "

 Sambil tersenyum, Wang Fang mengangguk, dan berkata, "Ya, itu benar!  Anda sudah mendapatkannya. "

 Tetapi saya masih merasa sedikit bingung, jadi saya berkata, “Jadi apa arti kata 'Yesus Kristus sama kemarin, dan hari ini, dan selama-lamanya' (Ibrani 13: 8) dalam Kitab Ibrani artinya?  Mungkinkah itu merujuk pada nama Tuhan?  Bagaimana saya harus memahami ayat Alkitab ini? ”
 Wang Fang terus tersenyum dan berbicara dengan pelan dan tenang, berkata, "Mari kita baca beberapa pasal lagi, dan kemudian kita akan mengerti.  ‘Ada yang mengatakan bahwa Tuhan itu kekal.  Itu benar, tetapi ini mengacu pada ketidakmampuan disposisi Tuhan dan substansi-Nya.  Perubahan nama dan pekerjaan-Nya tidak membuktikan bahwa substansi-Nya telah berubah;  dengan kata lain, Tuhan akan selalu menjadi Tuhan, dan ini tidak akan pernah berubah.  Jika Anda mengatakan bahwa pekerjaan Allah tidak berubah, maka apakah Ia dapat menyelesaikan rencana manajemen enam ribu tahun-Nya?  Anda hanya tahu bahwa Tuhan selamanya tidak berubah, tetapi tahukah Anda bahwa Tuhan selalu baru dan tidak pernah tua?  Jika pekerjaan Allah tidak berubah, maka mungkinkah Dia telah memimpin umat manusia sampai hari ini?  Jika Tuhan itu kekal, lalu mengapa Ia sudah melakukan pekerjaan dua zaman?  ... kata-kata “Allah selalu baru dan tidak pernah tua” merujuk pada pekerjaan-Nya, dan kata-kata “Allah tidak dapat berubah” dengan apa yang secara inheren dimiliki dan dimiliki oleh Allah. '' Kebijaksanaan Allah, keajaiban Tuhan, kebenaran Tuhan, dan keagungan Tuhan tidak akan pernah berubah  .  Esensi dan apa yang Dia miliki dan tidak akan pernah berubah.  Adapun pekerjaan-Nya, bagaimanapun, selalu maju dalam arah maju, selalu lebih dalam, karena Dia selalu baru dan tidak pernah tua.  Di setiap zaman, Allah mengambil nama baru, di setiap zaman, Ia melakukan pekerjaan baru, dan di setiap zaman Ia membiarkan makhluk-Nya melihat kehendak dan sifat baru-Nya '(' Visi Karya Allah (3) ').
 “Kita dapat melihat dari dua bagian ini bahwa kata-kata 'Allah tidak dapat diubah' mengacu pada ketidakmampuan disposisi dan esensi-Nya, dan tidak berarti bahwa nama-Nya tidak pernah berubah.  Meskipun Allah melakukan pekerjaan yang berbeda dan mengadopsi nama-nama yang berbeda di zaman yang berbeda selama keselamatan-Nya bagi umat manusia, apakah Allah disebut Yehuwa atau Yesus, esensi-Nya tidak berubah — Allah adalah Allah selamanya, dan kebenaran dan kekudusan-Nya tidak pernah berubah.  Oleh karena itu, kata-kata, 'Yesus Kristus tetap sama kemarin, dan hari ini, dan selama-lamanya' (Ibrani 13: 8), mengacu pada kekekalan dari disposisi dan esensi Tuhan, dan tidak berarti bahwa nama Tuhan tidak pernah berubah.  Orang-orang Farisi pada zaman Yesus, bagaimanapun, tidak tahu bahwa nama Allah berubah seiring dengan pekerjaan-Nya, dan karena itu mereka percaya bahwa hanya Yehuwa yang menjadi Allah mereka dan bahwa tidak ada Juruselamat selain Yehuwa.  Ketika Allah memulai karya Zaman Anugerah, oleh karena itu, dan nama-Nya menjadi Yesus, mereka tidak dapat menerimanya, dan mereka dengan panik mengutuk dan menentang Tuhan Yesus.  Mereka menyalibkan Dia di atas salib, melakukan dosa yang keji, dan dengan demikian mereka dihukum oleh Allah.  Mereka tidak mengerti apa yang dimaksud dengan kebobolan Tuhan dan mereka tidak mengakui prinsip-prinsip pekerjaan Tuhan, dan karena itu mereka melakukan perbuatan jahat dan melawan Tuhan, sehingga mereka kehilangan keselamatan Tuhan. "
 Ketika Wang Fang selesai berbicara, saya menganggukkan kepala dan, penuh dengan emosi, saya berkata, “Saya jauh lebih mengerti sekarang, karena persekutuan Anda.  Ternyata kata-kata 'Yesus Kristus tetap sama kemarin, dan hari ini, dan selama-lamanya' (Ibrani 13: 8), berarti bahwa esensi Tuhan tidak berubah, tetapi nama Tuhan dapat berubah.  Pekerjaan Tuhan terus berkembang, dan nama-Nya berubah seiring dengan pekerjaan-Nya.  Ah!  Orang-orang Farisi pada zaman Yesus tidak memahami hal ini, dan mereka membatasi Allah dalam lingkup pekerjaan-Nya di Zaman Hukum, percaya bahwa nama Allah adalah Yehuwa dan bahwa itu tidak dapat berubah menjadi hal lain.  Pada akhirnya, mereka tidak dapat mengenali bahwa Tuhan Yesus dan Yehuwa adalah satu dan sama dengan Allah — betapa bodohnya mereka!  Jika Anda tidak memberi saya persekutuan tentang masalah ini hari ini, saya masih akan buta seperti orang-orang Farisi dan tidak akan mengerti pekerjaan Tuhan! "  Saat itu, saya teringat kata-kata "Nama baru saya" dalam Wahyu 3:12, dan saya berkata, "Mengingat apa yang kami katakan, Tuhan pasti akan memiliki nama baru ketika Dia kembali di hari-hari terakhir!  Jadi, siapa nama Tuhan nantinya? "

 Wang Fang kemudian berkata dengan penuh semangat, “Syukur kepada Tuhan bahwa, beberapa hari yang lalu, beberapa rekan kerja dan saya bersekutu dan mencari bersama, dan kami akhirnya menuai hasilnya.  Alkitab sebenarnya sudah memberi tahu kita apa yang akan dipanggil Tuhan di hari-hari terakhir.  Dikatakan dalam Wahyu, "Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Berakhir, kata Tuhan, yang mana, dan yang akan datang, yang akan datang, Yang Mahakuasa" (Wahyu 1: 8).  ‘Dan keempat binatang itu masing-masing memiliki enam sayap di sekelilingnya;  dan mereka penuh dengan mata di dalam: dan mereka tidak beristirahat siang dan malam, berkata, Kudus, kudus, suci, Tuhan Allah Yang Mahakuasa, yang dulu dan sekarang, akan datang '(Wahyu 4: 8).  ‘Kami mengucapkan terima kasih, ya TUHAN, Allah yang Mahakuasa, yang sudah ada, dan yang akan datang;  karena Engkau telah mengambil bagimu kekuatanmu yang besar, dan telah memerintah '(Wahyu 11:17).  Yang Mahakuasa juga disebutkan dalam tulisan suci seperti Wahyu 15: 3, 16: 7 dan 16:14, dan 21:22.  Ini menunjukkan bahwa ketika Tuhan kembali pada hari-hari terakhir, sangat mungkin bahwa Dia akan mengambil nama Yang Mahakuasa untuk melakukan pekerjaan-Nya menyelamatkan manusia.  Karena itu, jika seseorang berkhotbah bahwa Tuhan Yesus telah kembali untuk melakukan pekerjaan baru, dan bahwa nama-Nya telah berubah menjadi Yang Mahakuasa, maka sangat mungkin bahwa ini akan menjadi penampilan dan karya Tuhan, dan kita harus bergegas  untuk belajar dan mencarinya.  Hanya dengan begitu kita memiliki kesempatan untuk menyambut Tuhan! "
 Setelah mendengarkannya, saya sangat senang, dan berkata, “Terima kasih Tuhan!  Saya mendapatkan banyak hal hari ini!  Saya sering membaca petikan tulisan suci ini sebelumnya, tetapi saya tidak pernah merenungkannya dengan cara ini dan saya tidak pernah mengerti hal-hal ini.  Hari ini, saya akhirnya mengerti bahwa nama Tuhan dapat berubah dan bahwa Dia akan memiliki nama baru di hari-hari terakhir!  Terlebih lagi, saya telah menemukan cara untuk menyambut Tuhan! "
 Saya sangat bahagia, dan hati saya dipenuhi dengan rasa manis dan sukacita.  Wang Fang dan saya kemudian melanjutkan persekutuan kami ...


Jam alarm di meja saya menunjukkan pukul 11:05 malam. Saya memiliki kebiasaan di mana, setiap malam sebelum tidur, saya akan membaca satu ayat dari Kitab Suci. Biasanya, saya sudah membaca satu ayat dan akan tertidur pada saat ini, tetapi pada malam ini, saya bingung dengan sebuah ayat dalam Alkitab.

Read More

Copyright © Suara kasawan Kehijauan Piyaiyita | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top