LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
PADA
SD EL-BETEL
DISUSUN OLEH
NAMA : DANCE YUMAI
NIS : 0008020316
KELAS/SEMESTER : XII (Dua belas)
ANGKATAN KE : XIV (ENAM BELAS)
DI BIDAN KEAHLIAN : PERAWATAN SOSIAL (PS)
PROGRAM KEAHLIAN : PERAWATAN KEAHLIAN
YAYASAN PENGEMBANGAN TUNAS BANGSA
SMK KATOLIK TUNAS BANGSA TIMIKA
TAHUN AJARAN
2017-2018
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahamat karunia-Nya penulis dapat menelesaikan laporan praktek kerja lapangan (PKL) ini dengan baik.
Pembuatan praktek pekerja lapangan (PKL) ini merupakan suatu bukti bahwa penulis telah melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL) yang bersusung selama 3 bulan.
Proses pelaksanaan sampai pada pembuatan lapangan ini, tidak dapat bekerja baik dan lancar, tampa adanya motovasi, bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak oleh sebab itu, izinkan penulis untuk mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
Bapak philipus Wakerwa, SE, MM, selaku ketua yayasan pengembangan tunas bangsa.
Bapak Geradus Gadu, S.Pd selaku kepalah SMK tunas bangsa
S.Imelda Runtunuwu, S.Pd.K selaku kepala SD EL-BETEL
Domingus Kuhuela, S.Pd selaku ketua program, kealahlian PS SMK Katolik Tunas Bangsa
Bapak Matius Rombe S.Pd selaku Guru pemimbin yang telah membinbinkan kepada penulis.
Ibu ERNA Y. KARSONO, S.Pd:. selaku guru pamong penulis, yang telah memberikan pengarahan kepada penulis dalam melakukan praktek mengajar.
Ibu Yonce Pundik, S.Pd. selaku wali kelas XII.a yang telah banyak memberikan motivasi dan bimbingan kepada penulis.
Semua guru dan staf tatausaha pada SMK Tunas Bangsa
Semua guru dan staf tatausaha pada SD EL-BETEL yang berkenan memberikan informasi dan motivasi kepada penulis mulai dari proses belajar mengajar sampai pada pembuatan laporan ini.
Pak Ismail Nawipa selaku Orang tua penulis yang banyak memberikan motivasi kepada penulis
Selalu keluarga yang setia memberikan dukungan memorial maupun material.
Teman-teman yang selalu memberikan motivasi dan semangat kepada penulis baik teman jurusan perawatan social (PS), admintraksi perkantoran, akomodasi perhotelan dan usaha perjalanan wisata (UPW).
Akirnya Penulis menyandari bahwa laporan ini banyak kekurangan walaupun penulis telah berusaha semaksimal mungkin, tetapi pepatah mengatakan “tak ada gadin yang tak retak” oleh karena itu penulis sangat mengahrapkan kiritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak demi perbaikan laporan ini.
Harapan penuh kiranya laporan ini bermanfaat bagi kita semua serta dapat dijadikan sebagai acuan bagi peserta PKL kiranya akirnya penulis ucapkan banyak terimakasih.
Timika 24 November 2017
Penulis
DANCE YUMAI
NIS: 000820316
Daftar Isi...............................................................................................................................Halaman
LEMBAR JUDUL.......................................................................................................................................I
LEMBAR PENGESAHA..........................................................................................................................II
KATA PENGANTAR...............................................................................................................................III
DAFTAR ISI IV
BAB I. PENDAHULUAN.................................................................................................V
A. Latar Belakang....................................................................................................................................5
B. Tujuan.................................................................................................................................................6
⦁ Tujuan Umum ....................................................................................................................................7
⦁ Tujuan Khusus....................................................................................................................................5
C. Tempat Pelaksanaan PSG...................................................................................................................6
D. Waktu Pelaksanaan ............................................................................................................................6
BAB II. GAMBARAN UMUM TEMPAT PSG............................................VI
A. Sejara berdirinya.................................................................................................................................7
B. Visi dan Misi.......................................................................................................................................8
⦁ Visi SD EL-BETEL............................................................................................................................8
⦁ Misi SD EL-BETEL...........................................................................................................................8
C. Tujuan.................................................................................................................................................8
D. Denah Sekolah...................................................................................................................................9
E. Sturuktur Organisasi.........................................................................................................................10
F. Alat dan sarana SD EL-BETEL........................................................................................................11
G. Jumlah gedung..................................................................................................................................11
⦁ Jumlah Gedung.................................................................................................................................11
⦁ Rekapitulasi Jumlah siswa................................................................................................................11
⦁ Rekapitulasi jumlah Keadaan menurut Agama.................................................................................11
⦁ Jumlah guru......................................................................................................................................12
⦁ Rekapitulasi guru..............................................................................................................................12
⦁ Rekapitulasi absens...........................................................................................................................12
⦁ Rekapitulasi menutut pegawai..........................................................................................................12
⦁ Jesin kelamin ..................................................................................................................................12
H. Uraian Tuagas ..................................................................................................................................13
BAB III. ANALISIS KEGIATAN...........................................................................VII
A. Kegiatan yang dilaksanakan............................................................................................................18
B. Permasalahan...................................................................................................................................20
C. Arternatif pemecahan masalah.........................................................................................................20
BAB IV. PENUTUP...............................................................................................................IX
A. Kesimpulan.......................................................................................................................................21
B. Saran................................................................................................................................................22
DAFTAR LAMPIRAN
Perhitungan alokasi waktu..........................................................................................................................1
Program tahunan.........................................................................................................................................2
Program semester........................................................................................................................................3
Silabus/AMP...............................................................................................................................................4
Rencana pelaksanaan pembelajaran...........................................................................................................4
Langka-langak pembelajaran......................................................................................................................4
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pada umumnya Negara didunia ini sedang menghadapi era globalisasi yaitu pasar bebas, yang penuh dengan tantangan dan persaingan, maka suatu lembaga pendidikan dituntut untuk menyiapkan lulusan yang berkualitas baik didalam bidang pengetahuan maupun keterampilan.
Sehubungan hal, tersebut maka sekolah menengah kejuruan (SMK) dituntut untuk menciptakan siswa-siswi yang memiliki kealihan dan mandiri, oleh karena itu praktek kerja lapangan (PKL), adalah salah satu cara untuk mempersiapkan siswa-siswi kearah tersebut.
Dengan praktek kerja lapangan siswa-siswi dapat diaplikasikan teori-teori yang telah dapat di sekolah.
Berdasarkan ketentuan ketentuan yang terdapat dalam:
- Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional.
- Peraturan pemerintah No 29 tahun 1990 tentang system pendidikan menengah.
- Keputusan pemerintah No 39 tahun 1992 tentang sekolah menenga kejuruan
- Keputusa Mendikbud No 0409/U/1992 tentang sekolah menenga kejuruan.
- Keputusan Mendikbu No 080/U/1993, tentang kulikurum SMK yang meyatakan penegaran pendidikan dilaksanakan melalui dua jadul yaitu pedidikan kesekolahan (tori), dan pendidikan diluar sekolah yaitu (praktek).
Berdasarkan ketentuan diatas, maka SMK Katolik Tunas Bangsa sebagai salah satu dari sekolah menenga yang ada di Timika-Papua, juga menyiapkan siswa-siswinya melalui praktek kerja lapangan (PKL), ini sekolah bekerja sama dengan dunia kerja sama dengan keahn penulis itu pekerjaan social maka, penulis melaksanakan peraktek kerja lapangan (PKL) pada salah satu sekolah dasar SD EL-BETEL Timika-Papua
B.TUJUAN
Adapun Praktek Kerja Lapangan:
1. Tujuan Umum (Tujuan pelaksanaan PKL)
- Untuk mengenal dunia kerja.
- Melatih mental dan sikap dalam melakukan suatu tugas.
- Bertangung jawab teradap suatu tugas
- Untuk menerapkan teori-teori yang terima disekolah pada kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) ini.
2. Tujuan Khusus (Tujuan pembuatan laporan)
- Untuk melaporkan atau mempertanggung jawabkan semua kegiatan yang dilaksanakan selama PKL.
- Untuk mendapat sertifikat PKL.
- Untuk mendapatkan mata diklat produktif.
C.TEMPAT PELAKSANA PRAKTEK
Kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) ini, bertempat di SD EL-BETEL, kabupaten Mimika propinsi Papua.
D.WAKTU PELAKSANAAN PRAKTEK
Kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) ini berlangsun selama 3 bulan, yaitu mulai tangal 21 Agustus dan berkhir pada tangal 21 novomber 2017
BAB II
GAMBARAN UMUM LOKASI PSG
A. Sejara berdirinya Yayasan Pendidikan EL-BETEL
Yayasan Pendidikan EL_BETEL didirikan pada hari jumat 16 oktober 2013 yang bertempat tinggal kabupaten Mimika. Kampung wonosari jaya kecamatan mimika baru. Pada awal mulainya di bangun oleh bapak P.dt. Yan piel bless selaku ketua yayasan yang berasal dari sorong. Ayamaru dan dibantu oleh istrinya mariones rotuk selaku bendahara yayasan Pendidikan el-betel yang berasal dari parombo Sulawesi selatan.
Dan awal mula sekolah dipimping oleh ibu siska wowiling yang selaku kepala sekolah pertama pada yayasan ini.
Proses berjalan mengajar dengan baik sampai hari ini.
1. Nama sekolah : SD EL-BETEL TIMIKA
2. Nomor istatik sekolah :
3. Nomor pokok sekolah nasional (NPSN) : 69888486
4. Nomor data sekolah :
5. Nomor induk sekolah :
6. Alamat sekolah : JL. Yos sudarso Gg biru sampan
a. Distrik : WANIA
b. Kabupaten : MIMIKA
c. Provinsi : PAPUA
7. No HP kepala sekolah : 081381570515
8. penyelenggaran :
a. nama badan penyeggaran : YAYASAN EL-BETEL TIMIKA
b. Alamat penyelenggaran : Jl. Yos sudarso Gg biru sampan
c. Static sekolah : MILIK YAYASAN
d. No SK. Pendirian atau rekomentasi :848/1565/2013
e. Ditanda tangani oleh : KEPALA DINAS PENDIDIKAN DASAR & KEBUDAYAAN
9. Waktu belajar : SENIN-JUMAT
10. Status gedung sekolah : PERMANEN
11. Tanah status : GEREJA
Timika 21 novomber 2017
DANCE YUMAI
NIS: 000820316
B.VISI dan MISI SD EL-BETEL TIMIKA
SD EL-BETEL Timika merupakan salala satu lembaga Pendidikan mempunyai visi dan misi sebagai berikut :
1. Visi
Terwujudnya manusia yang kreatif, inovatif dalam segala bidang
2. Misi
a. Membina siswa agar menjadi anak yang takut akan tuhan. Berwawasan yang luas trampil dan mandiri.
b. Menyiapkan anak yang menjadi siswa yang berjiwa social dan ebudi pekerti dan luhur.
c. Membaca siswa-siswi EL-BETEL menuju kesuksesan.
C. Tujuan
1. Mendukung program peninkatkan akses operasional pada semua jejang Pendidikan formal
2. Mendukun pemenuhan kebutuhan biaya operasional Pendidikan yang diperlukan dalam pelaksanaan
3. kegiatan belajar mengajar (KBM) disekolah untuk menjamin istandar Pendidikan.
DENAH
LOKASI SD EL-BETE LTIMIKA PAPUA
STURUKTUR
ORGANISASI YAYASAN SD EL-BETEL
Alamat, Jl Gang Biru Nawaripi Sampin SMP N 7
D. Jumlah gedung
|
|
|
Nama
|
Jumlah
|
Baik
|
Baik
|
RSK
|
RKS
|
|
Ringan
|
Berat
|
|
a. Ruang belajar
|
|
8
|
8
|
-
|
|
|
|
b. Ruang kepala sekolah
|
|
1
|
1
|
-
|
-
|
|
|
c. Ruang wali kepala sekolah
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
d. Ruang guru
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
e. Ruang BP/BK
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
f. Ruang Tata Usaha (TU)
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
g. Ruang Perpustakan
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
h. Kantin
|
|
1
|
1
|
-
|
-
|
|
|
i. Ruang laboratorium
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
j. Kamar Mandi/WC guru
|
|
1
|
1
|
-
|
-
|
|
|
k. Kamar Mandi/WC siswa
|
|
1
|
1
|
-
|
-
|
|
|
l. Gudang
|
|
1
|
1
|
-
|
-
|
|
|
m. Rumah dinas Kepsek
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
n. Rumah dinas Guru
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
o. Rumah dinas Pegawai
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
E. keadaan siswa
|
|
Kelas
|
Jumlah
|
Awal Bulan
|
IN
|
OUT
|
Di Akhir
|
|
|
kelas
|
L
|
P
|
Jumlah
|
Bulan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
L
|
P
|
Jumlah
|
|
|
I
|
1
|
4
|
5
|
9
|
|
|
|
|
|
|
4
|
5
|
9
|
|
|
II
|
1
|
3
|
9
|
12
|
|
|
|
|
|
|
3
|
9
|
12
|
|
|
III
|
1
|
8
|
2
|
10
|
|
|
|
|
|
|
8
|
2
|
10
|
|
|
IV
|
1
|
7
|
3
|
10
|
|
|
|
|
|
|
7
|
3
|
10
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
VI
|
1
|
3
|
7
|
10
|
|
|
|
|
|
|
3
|
7
|
10
|
|
|
Jumlah
|
5
|
25
|
26
|
51
|
|
|
|
|
|
|
25
|
26
|
51
|
|
|
F. Jumlah Menurut Agama
|
|
|
|
|
Kelas
|
Jumlah
|
Islam
|
Jmlh
|
Katolik
|
Jmlh
|
Prostestan
|
Jmlh
|
ket
|
|
|
kelas
|
siswa
|
|
|
I
|
1
|
9
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
2
|
3
|
4
|
7
|
|
|
|
|
II
|
1
|
12
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
3
|
3
|
6
|
9
|
|
|
|
|
III
|
1
|
10
|
-
|
-
|
-
|
4
|
1
|
5
|
4
|
1
|
5
|
|
|
|
|
IV
|
1
|
10
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
2
|
6
|
2
|
8
|
|
|
|
|
V
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
VI
|
1
|
10
|
-
|
-
|
-
|
|
4
|
4
|
3
|
3
|
6
|
|
|
|
|
Jumlah
|
5
|
51
|
-
|
-
|
-
|
6
|
10
|
16
|
19
|
16
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
G. KEADAN GURU/PEGAWAI
|
1. Rekapitulasi Guru
|
JMLH
|
CPNS
|
PNS
|
TITIPAN
|
HONOR/GURU
|
SERTIFIKASI
|
GOLONGAN
|
GO
|
GOLONGAN
|
TETAP YAYASAN
|
6
|
III
|
III
|
IV
|
II
|
III
|
IV
|
II
|
III
|
IV
|
|
SDH
|
BLM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
2. Rekapitulasi pegawai
|
|
JMLH
|
CPNS
|
CPNS
|
HONOR/GURU
|
|
GOLONGAN
|
GOLONGAN
|
TETAP YAYASAN
|
|
|
|
|
II
|
III
|
IV
|
II
|
III
|
IV
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Rekapitulasi Apsensi
|
|
STATUS PEGAWAI
|
JUMLAH
|
Abensi/Tidak Hadir
|
% Absensi
|
Ketrangan
|
|
Karena
|
|
S
|
I
|
A
|
JMLH
|
|
a. Guru tetap
|
6
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
b. Guru tidak tetap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Pegawai Tetap
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Pegawai tidak tetap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Rekapitulasi pegawai
|
JMLH
|
CPNS
|
TITIPAN
|
HONOR/GURU
|
GOLONGAN
|
GOLONGAN
|
TETAP YAYASAN
|
|
|
|
II
|
III
|
IV
|
II
|
III
|
IV
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
3. Menurut status dan jenis kelamin
|
|
STATUS PEGAWAI
|
Jenis Kelamin
|
jmlh
|
KETRANGAN
|
|
L
|
P
|
|
a. Guru tetap
|
2
|
4
|
6
|
|
|
b. Guru tidak tetap
|
-
|
-
|
|
-
|
|
c. Pegawai Tetap
|
1
|
1
|
2
|
|
|
d. Pegawai tidak tetap
|
|
|
|
|
|
4. Rekapitulasi Apsensi
|
|
STATUS PEGAWAI
|
JUMLAH
|
Abensi/Tidak Hadir
|
% Absensi
|
Ketrangan
|
|
Karena
|
|
S
|
I
|
A
|
JMLH
|
|
a. Guru tetap
|
|
6
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
b. Guru tidak tetap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Pegawai Tetap
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Pegawai tidak tetap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E. URAIAN TUGAS
1. Kepala Sekolah
Kepala sekolah berfunsi dan bertugas Educator, manajer, adminitrasi dan dupervesor pemimpin/leader, innovator motivator.
a. Kepala sekolah selaku Educator bertugas melakukan proses belajar mengajar secara evektif dan efeksien (lihat tugas guru)
b. Kepala sekolah selaku megajar mempunyai tugas:
⦁ Menyusun perencanaan.
⦁ Mengorganisasikan kegiatan.
⦁ Mengarakan kegiatan
⦁ Mengkoordinasikan kegiatan.
⦁ Melaksanakan pengawasan.
⦁ Melakukan evaluasi terhadap kegiatan
⦁ Menentukan kebiaaksanaan.
⦁ Mengadakan rapat.
⦁ Mengambil keputusan.
⦁ Mengatur proses belajar mengajar.
⦁ Mengatur admintraksi ke tatausaha siswa atau kesenagan sarana dan prasarana, keuangan/RAPBS
⦁ Mengator hubungan sekolah masyarakat dan intansi terkait.
c. Kepala sekolah selaku admintrasi bertugas meneranggakan admintrasi:
⦁ Perencanaan.
⦁ Pengorganisasi.
⦁ Pengarahan.
⦁ Penkordinasikan.
⦁ Pengawasan.
⦁ Kulikurum.
⦁ Kesiswaan.
⦁ Ketatausaha.
⦁ Ketenangan
⦁ Kantor
⦁ Keuangan
⦁ Perpustakan.
⦁ Laboratorium
⦁ Ruang keterampilan/kesenian.
⦁ Bimbigan konseling (BK)
⦁ UKS
⦁ OSIS
⦁ Serbaguna
⦁ Media
⦁ Gudang
⦁ TK
d. Kepalah sekolah selaku supervisor bertugas menyelegarkan suvervise mengenai:
⦁ Prooses belajar mengajar.
⦁ Kegiatan bimbinggan dan konseling.
⦁ Kegiatang ekstra kulikuler.
⦁ Kegiatan ke Tata usaha.
⦁ Kegian kerja sama dengan masyarakat dan intansi terkait.
⦁ Sarana dan prasarana.
⦁ Kegiatan OSIS
⦁ Kegiatan TK
e. Kepala sekolah sebagai pemimpin/leader:
⦁ Dapat percaya, jujur dan bertangung jawab
⦁ Memahami kondisi guru, karyawan dan siswa.
⦁ Memiliki visi dan memahami misi sekolah.
⦁ Mengambil keputusan urusan insren dan ekstern sekolah.
⦁ Membuat mencari dan memiliki gagasan bagu.
f. Kepala sekolah sebagai innovator
Melakukan pembaharuan di bidang:
⦁ KBM
⦁ BK
⦁ Ektra kulikuler
⦁ Pengadaan
⦁ Melaksanakan bimbingan guru dan karyawan.
⦁ Melakukan pembaharuan dalam mengenai sumber daya di BP3 dan masyarakat
g. Kepala sekolah sebagai motivator:
⦁ Mengatur ruan guru kantor yang konduktif bekerja.
⦁ Mengatur ruang kantor yang konduktif untuk KBM/BM.
⦁ Mengator ruang laboratorium yang konduktif untuk praktikum.
⦁ 3mengatur ruangperpustakan yang konduktif untuk belajar.
⦁ Menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesama guru dan karyawan
⦁ Menerapakan disiplin penhargaan dan hukuman dalam melaksanakan tugasnya kepada sekolah dapat menelesalikan kepada wali kepala sekolah.
2. Wali Kepala Sekolah
Wali kepala sekolah membantu kepalah sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
a. Menyusun perencanaan membuat program dan melaksanakan program.
b. Pengorganisasian.
c. Pengarahan.
d. Ketenagan.
e. Penkordinasian.
f. Pengawasan.
g. Penilaian
h. Identifikasi dan pengururan data.
i. Penyusunan laporan
Wali kepala sekolah membantu kepalah sekolah dalam urusan urusan sebagai berikut:
A. Kulikurum
1. Penyusunan dan menjabarkan calender pendidikan.
2. Penyusunan pembagian tugas guru jadwal pelajaran.
3. Megatur penyusunan program pelajaran program suatu pelajaran dan persiapan mengajar penjabar dan penyesuaian kulikurum.
4. Megatur pelaksanaan kulikurum dan ekstra kulikuler.
5. Megatur pelaksanaan penilaian cara kenaikan kelas, kriteria kelulusan dan laporan kemajuan siswa serta pembagian paloran hasil belajar laprot dan STTB
6. Megator pelaksanaan program perbaikan dan pengajaran
7. Megatur pemanfaatan lingkugan sebagai sumber belajar
8. Megator pegembagan MGMMPP dan kordinator mata pelajaran.
9. Melakukan supervise admindrasi dan akademis
10. Penyusunan laporan
B. Kesiswaan
1. Megator program dan bimbigan konseling
2. Megator dan menkordinasikan pelaksanakan 7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertibahan, Keindahan, Kesehatan, Kekeluargaan dan Kerindagan)
3. Megatur dan membina program kegiatan remaja (PMR), kelompok ilmia belajar (KIR), usaha kesehatan sekolah (UKS), patrol keamanan sekolah (PKS) paskipra
4. Megator program pesantrenkilat.
5. Menyusun dan megatur pelaksanaan pemilihan siswa teladan sekolah
6. Menyelegarkan cerdas, cermat, olaraga presentasi.
7. Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapat siswa.
C. Sarana dan prasarana
1. Merencanakan kebutuhan sarana dan prasarana untuk menunjang proses belajar megajar.
2. Melaksanakan program pengadayaan.
3. Megatur pemanfaatan sarana dan prasarana.
4. Mengelolah perawatan, perbaikan dan pengisian.
5. Megatur pembukuan.
6. Penyusunan laporan.
D. Hubungan Dengan Masyarakat
1. Megator dan megembangkan hubugan dengan BP3 dan BP3.
2. Penelenggarkan pameran hasil bakti social karya wisata.
3. Menyelegarkan pameran hasil pendidikan di sekolah (Gebayar pendidikan).
4. Menyusun.
5.
3. Guru
Guru bertanggun jawab kepalah sekolah dan mempunyai tugas dan melaksanakan kegiatan belajar megajar secara efektif dan efeksien.
a. Membuat perangkat program pengajaran
⦁ AMP
⦁ Program tahunan
⦁ Program satuan pelajaran
⦁ Program rencana pegajaran
⦁ Program minggu guru
⦁ LKS
b. Melaksanakan kegiatan pembelajaran
c. Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan harian ulangan umum ujian akhir.
d. Melaksanakan analisa hasil ulangan harian.
e. Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan.
f. Mengisi daftar nilai siswa.
g. Melaksanakan kegiatan membinbing (pengetesan pengetahuan).
h. Membuat alat pelajar/media.
i. Menumbu kembangkan sikap menghargai karya seni.
j. Mengikuti kegiatan pengembagan dan masyarakat kulikurum.
k. Melaksanakan tugas tertentu di sekolah.
l. Mengadakan pengembagan program pengajaran yang menjadi tangun jawab
m. Membuata catatang kemajuan hasil belajar siswa.
n. Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum mulai pelajaran belajar
o. Megatur kebersian ruangan kelas dan ruangan praktikum
p. Megumulkan dam menghitung angka kredit kenaikan pangkatnya
4. Wali Kelas
Wali kelas membantu kepalah sekolah kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
A. Pengolahan kelas.
B. Penyelengaran admintrasi kelas meliputi:
⦁ Denah tempat duduk siswa
⦁ Papan abses siswa
⦁ Saftar pelajaran siswa.
⦁ Daftar piket kelas.
⦁ Buku abses siswa
⦁ Buku kegiatan pembelajaran/buku kelas.
⦁ Tatatertip siswa.
C. Penyusunan pembuatan sistatik bulanan siswa.
D. Pengisian daftar kumpulan nilai siswa.
E. Pembuatan catatan khusus tengtan siswa.
F. Pencatatan mutase siswa.
G. Mengisi buku ‘laporang hasil belajar siswa.
H. Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar.
5. Guru Bimbin Dan Konseling
Membantu kepalah sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
a. Menyusunan program dan pelaksanaan bimbigan dan konseling.
b. Kordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar.
c. Memberikan saran dan bimbigan kepada siswa dalam memper oleh gambaran tengtang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjan sesuai.
d. Memberikan layanan dan pertimbagan kepada siswa agar lebih berpersentasi dan kegiatan belajar.
e. Mengadakan penilaian pelaksanaan bimbigan dan konseling .
f. Menyusun static hasil hasil penilaian bimbingan dan konseling.
g. Melaksanakan kegiatan hasil evaluasi belajar.
h. Menyusun dan melaksanakan program tidak lanjut bimbigan dan konseling.
i. Menusun laporan pelaksanaan.
6. Perpustakan Sekolah
Perpustakan sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
a. Perencanaan pengadaan buku-buku bahan pustaka media elektronik.
b. Penggurusan pelayanan perpustakan.
c. Perencanaan pengembagan perpustakan
d. Pemeriaran dan perbaikan buku-buku bahan pustakan media elektronik
e. Inventarisasi dan pengaditmindrasi buku-buku bahan pustaka media elektronik
f. Melakukan layanan bagi siswa, Guru dan tenaga pendidikan lainya serta masyarakat.
g. Penyimpanan buku-buku perpustakan media elektroik
h. Menyusun tatatertib perpustakan
i. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakan secara berkala
7. Laboratolium
Pengelola laboratorium membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut:
a. Perencanaan alat dan bahan laboratorium
b. Menyusun jadwal dan tatatertip pengunaan laboratolium
c. Mengatur dan menyimpanaan daftar alat-alat labolatorium
d. Memeliara dan perbaikan alat-alat laboratorium
e. Inventarisasi dan pengadtmintrasi pinjaman alat-alat laboratoum
f. Menusun laporangpelaksanaan kegiatan laboratorium
8. Kepala Tatausaha
Kepala tatausaha mempunyai tugas melaksanakan ke tatausaha sekolah dan bertanggun jawab kepada kepala sekolah dan sebagai berikut:
a. Menyusunan program kerja tatausaha sekolah
b. Pengelolah keuangan sekolah
c. Pengurusan admintrasi ketenagan dan siswa
d. Pembinaan dan pengembagan kerja pegawai tatausaha sekolah
e. Penyusunaan admintrasi perlengkapan sekolah
f. Penyusunan dan penyanian dan static sekolah
g. Mengkoordinasikan dan pelaksanaan 7K
h. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausaha secara berala
9. Layanan Teknnis Dibidan Keamanan (Penjaga/Satpam)
⦁ Mengisi buku catatan kejadian
⦁ Mengantar/memberi tunjuk tamu sekolah
⦁ Mengamankan pelaksanaan upacara, pra/Ebtanas, rapat
⦁ Menjaga kebersian pos
⦁ Menjaga ketenagan dan kemakmuran sian dan malam
⦁ Melaporkan kegiatan secepatnya bila ada
BAB III
ANALISA KEGIATAN
A. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
Penulis turung ketempat PKL pada tanggal 21Agustus 2017 ditempat SD EL-BETEL Timika sampai ditempat PKL penulis belum langsung melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) namun terlebih dahulu penulis beradaptasi dengan lingkugan tempat PKL, diantaranya berkenalan dengan kepala sekolah dan staaf guru, mengenali ruangan-ruangan kelas yang ada di SD EL- BETEL Timika.
Selanjutnya penulisnya bersama dua rekan yang lain oleh wakasek kulikirum membagi kelas tempat melaksanakan kegiatan belajar megajar (KBM) di sertai pembagian guru pamon masin-masin pada saat itu penulis di tempatkan di kelas III dengan guru pamong Ibu YOHANA E. KARSONO, S.Pd.
Setelah berkenalan dengan guru pamon penulis juga menyampaikan tujuan penulis
Setelah itu penulis diserakan oleh guru pamong untuk membuat perangkat megajar yaitu:
1. Perhitungan alokasi waktu
Perhitungan alokasi waktu adalah penilaiann waktu-waktu yang diperlukan untuk membahas SK dan KD dalam jangka 1 Semester penbelajaran.
2. Program tahunan (PROTA)
Program tahunan adalah sebagian dari program pembelajaran yang memuat alokasi waktu setiap pembelajaran setiapl pokok bahasan pembelajaran.
3. Program semester (PROMES)
Program semester adalah sebagian dari program pembelajaran yang membuat alokasi waktu setiap pokok bahasa pada setiap semester.
4. Silabus
Silabus adalah hasil dari kegiatan yang akan di langsung sejak seorang guru meneliti GBPP kemudian mengkaji materi dengan menjabarkan serta mempertfimbangkan penyajikanya.
5. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
RPP ialah mempersiapkan untuk setiap kali pertemuan.
Beberapa mata pelajaran yang penulis ajaran dalam kegiatan ini adalah:
Kelas III
Maata pelajaran : IPS
Itandar kopetensi: Memahami lingkugan dan melakukan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
Kopetensi dasar : Menceritakan lingkugan alam dan buatan
Tujuan pembelajaran a. Menjelaskan pengertian
b. menjelaskan lingkugan alam dan buatan
c. Jelaskan macam-macam lingkugan alam dan buatan
d. menjelaskan manfaat Lingkugan
Mata pelajaran : IPA
Istandar kopetensi : Memahami Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang-
Memegaruhi perubahan pada makluk hidup
Kopetensi dasar a) Ciri-ciri dan kebutuhan makluk hidup
b) Pengelongan makluk hidup
c) Perubahan makluk hidup
d) Factor-factor yang mempegaruhi Pertumbuhan dan perkembangan manusia.
Tujuan pembelajaran 1.1. menjelaskan makluk hidup memerlukan makanan
1.2. Makluk hudup Hidup bergerak
1.3. Makluk hidup tumbuh
1.4. Makluk hidup berkembang biak
1.5. makluk hidup bernapas
2.1. pengelongan hewan
2.2. pengolongan tumBuhan
3.1. pertumbuhan dan perubahan manusia
3.2. pertumbuhan hewan Dan tumbuhan
4.1. makanan bergizi seimbang
4.2. bahan tambahanMakanan
4.3. isterahat rekreasi dan olaraga.
B. Permasalahan.
Dalam kegiatan kerja lapangan (PLK) ini semua berjalan dengan baik dan lancer, namun masi ada masala yang penusis hadapi selama melaksanakan praktek kerja lapangan di SD EL-BETEL Timika diantaranya:
1. Pada saat belajar suka menganggu teman sebangkunya.
2. Sebagian siswa belum bisa membaca.
3. Sebagian siswa malas untuk menulis.
4. Siswa yang lambat menerima materi
5. Ada siswa-siswi yang cara berpakaian tidak rapi
C. Alternatif Pemecahan Masalah
Dengan adanya masalah diatas, maka penulis mecari alternatifnya yaitu:
a. Yang suka menganggu teman sebangkunya penulis memindakan tempat duduknya dan dia yang duduk dan teman yang menurut penulis seorang yang pendiam.
b. Yang belum bisa membaca, penulis memberikan motivasi betapa pentinya membaca serta memberikan latihan.
c. Yang malas menulis, memberikan tugas kepada mereka untuk menulis pada saat itu juga menulis meneluru penulisan kaalimat “saya tidak bisa malas menulis lagi” sebanyak 20 baris, serta memberikan motifasi kepada siswa tersebut.
Dalam berbagai kesempatan penulis tidak hanya megajar pada kelas yang telah ditentukan. Apabilah ada kelas yang kosong karena guru yang bersangkutan berhalangan hadir maka penulis pengisi kelas yang kosong tersebut.
BAB IV
PENUTUP
A. KESEMPULAN
Sesuai dengan kegiatan praktek kerja lapangan (PKL), di SD EL_BETEL Jl, gang biru nawaripi samping SMP N 7 Timika mulai dari awal, hingga akhir, ada banyak kekurangan atau kelemahan permasalahan yang dihadapi namun karena, adanya dikungan dari guru pamong. Sissa/I SD EL_BETEL hinga kami peseerta PKL dapat mengetahui dan memahami secara langsung proses kegiatan belajar mengajar (KBM), sekolah.
Dengan adanya kegiatan praktek kerjalapangan (PKL) maka, kami calong guru sekolah dasar (SD) dapat memperoleh bekal ilmu pengetahuan dan ketrampilang melalui praktek kerja lapangan (PKL), agar mempermuda ilmu yang diproleh dibangku sekplah serta meninkatkan profesi kami sebagai pendidik.
Dengan adanya kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) ini dengan kegiatan perencanaan dan memprogramkan kegiatan pembelajaran penusis juga mengolah admintrasi di SD EL-BETEL yang berhubungan dengan jalannya kegiatan belajar secara langsung dilapangan yaitu :
1. Admintrasi guru meliputi:
a. Perhitungan alokasi waktu.
b. Program tahunan.
c. Program semester.
d. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
e. Mengisi jurnal kelas
f. Mengisi buku jurnal laporang (PKL)
2. Admintrasi siswa yaitu
a. Mengambil apses kelas
b. Membuat jadwal piket
c. Membuat jadwal mata pelajaran
3. Kegiatan belajar megajar pada:
a. Kelas III
b. Mata pelajaran : IPS dan IPA
4. Kegiatan mengelolah admintrasi yaitu admintrasi guru dan admintdrasi guru dan siswa.
B. SARAN
a) Untuk SD EL-BETEL
Diharapkan agar memperhatikan siswa yang malas membaca, menulis dan juga suka bermain dalam kelas atau memberikan kegiatan tambahan kepada mereka yang malas menbaca dan menulis.
b) Untuk SMK
Untuk adik-adik kelas I dan kelas II sekolah menenga kejuruan SMK Tunas Bangsa Timika agar berusaha sungguh-sungguh belajar sebelum terlambat agar usaha mu agar tercapai dengan baik dan jerih payah mu dapat membangunkan diri sendiri dan keluargamu.
C. DAFTAR PUSTAKA
0 $type={blogger}:
Post a Comment